23 Website Terbaik untuk Desainer, Pekerja Kreatif dan Freelancer - Teras Academy
News Update
Loading...

2/03/2022

23 Website Terbaik untuk Desainer, Pekerja Kreatif dan Freelancer

 

23 Website Terbaik untuk Desainer, Pekerja Kreatif dan Freelancer

Revolusi Industri 4.0 banyak merubah kehidupan manusia, salah satunya dalam pekerjaan. Jika dulu pekerjaan selalu identik dengan offline, kantor dan pabrik namun saat sedikit beralih ke arah remote atau freelancer. Freelancer menjadi populer. Dampak dari perubahan ini bermunculan platform penyedia jasa work remote atau freelancer.


Situs freenlancer tidak hanya diminati oleh individu pencari jobs dan proyek, namun juga beberapa perusahaan besar juga memanfaatkan jasa freelancer ini. Mereka corporate besar tidak membutuhkan pekerjaan full timer untuk bidang tertentu, semisal desain grafis, membuat web atau aplikasi, menulis artikel dan masih banyak lagi.


Banyak pemuda di tanah air menjadi seorang freelancer –memanfaatkan beberapa platform untuk mendapatkan proyek dan berhasil, diantara mereka ada Angga Risky yang hanya lulusan SMK berhasil mendapatkan proyek pembuatan website dari luar negeri sekaligus mendirikan builtwithangga.com. Ada Misal Subkhan yanng berhasil memenangkan kontes desain di platform 99designs.com, serta Ghozali dengan NFT nya.


Jika Anda masuk kategori seorang desianer, atau pekerja kreatif jangan khawatir Anda tidak akan kesulitan mendapatkan pekerjaan karena Kami telah merangkum 23 Website Terbaik yang bisa dimanfaatkan untuk Desainer, Pekerja Kreatif dan Freelancer dalam mencari sebuah jobs atau proyek.


Silahkan explore kreativitas Anda.

 

1#. 99design

99 design website


99design adalah sebuah platform global yang mempertemukan antara klien dan desainer untuk bekerja sama secara online. Berdiri pada tahun 2008, dan berkantor di Oakland, California Amerika Serikat. Sejak 208, 99design telah menghidupkan lebih dari satu juta proyek kretif untuk ribuan wirausahawan jenius, pemilik bisnis yang cerdas, dan ide-ide besar. Dan hingga saat ini perusahaan telah memberikan lebih dari USD$ 12 juta, dengan lebih dari USD $900.000 dibayarkan keada desainer setiap bulannya. 99design didirikan oleh Matt Mickiewicz dan Mark Harbottle sebagai spin-off dari sitepoint, sebuah situs web form pengembang dan perancang web.


Septian dalam blog nya membagikan tips sederhana bagaimana cara memenangkan kontes 99design.

  • Jangan terburu-buru, pelajari dan pahami guide 99design
  • Lengkapi profil dengan benar dan lengkap
  • Jangan pilih kontes dengan mempertimbangkan harganya
  • Pahami Brief Kontes dan Isi Otak Client
  • Ikuti kontes yang tersisa 1-2 hari lagi tapi entry submitnya masih sedikit
  • Pilih client yang suka memberi feedback dan tidak pernah melakkan refund
  • Hindari kontes yang sudah memiliki ranting diatas 4
  • Ikuti kontes yang sesuai minat dan bakat
  • Ikuti kontes desaiin yang spesifik sesuai kelebihan Anda
  • Terus mengikuti lomba dan jangan putus asa

 

2#. Behance

Behance Website

Behance adalah sebuah platform media sosial yang berfungsi untuk memaerkan serta menemukan karya kreatif. Para desainer bisa menggunakan platform ini untuk memamerkan karya mereka serta mendapatkan project di sana. Behance didirikan oleh Matias Corea dan Scott Belsky pada 2005. Pada tahun 2012 Behance mendapatkan pendanaan dari Dave McClure serta Jeff Bezos. Pada tahun yang sama Behance diakuisisi oleh Adobe Systems sebesar $150 juta.


Perusahaan besar seperti LinkedIn, AIGA, Adweek, National Design Museum, Art Center College of Design, Rhode Island School of Design(RISD), School of Visual Arts (SVA), dan Savannah College of Art and Design (SCAD) menggunakan Behance. Pada tahun 2018, Behance memiliki 10 juta anggota.


“Produk pertama kami sebenarnya adalah produk organisasi untuk tim kreatif. Kami benar-benar menjual produk kertas dan tiket ke acara konferensi 99U untuk membayar tagihan saat kami membangun jaringan Behance!. Saat ini, Behance memiliki lebih dari 15 juta anggota, dan saya menjabat sebagai Chief Product Officer Adobe, membangun produk untuk orang-orang kreatf”, Scott Belsky


Bagaimana mengoptimalisasi Behance Anda? Nick Frank memberikan tips sebagai berikut:

  • Tunjukkan hanya karya terbaik Anda di portofolio Behance
  • Setiap proyek harus terdiri minimal 6-15 gambar
  • Gabungkan motif dan detil
  • Bukan ahsil tapi caranya. Tambahkan WIP
  • Jangan mempublikasikan proyek yang belum selesai
  • Personalsasikan dan sesuaikan seluruh portofolio Anda
  • Gunakan saluran media sosial dan berpartisipasi aktif dalam diskusi komunitas Behance

 

3#. Dribbble

dribble website

Dribbble adalah sumber daya untuk menemukan dan terhubung dengan desainer dan bakat kreatif di seluruh dunia. Didirikan oleh Dan Cederholm dan Rich Thornett pada tahun 2009.  Pada tahun 2018, situs menambahkan vitur video. Dribble juga terus memperluas jaringan global di 43 negara. Saat ini dribble digunakan di lebih 195 negara di seluruh dunia dan dikunjungi 4 juta pengguna setiap bulannya.

 

Dribble telah membantu beberapa perusahaan pembuat desain terbaik termasuk Apple, Google, Facebook, IDEO, Dropbox, Slack, Shopify dan sebagainya. Situs telah mendapatkan penghargaan, seperti Inc 500, dan Webby Awards. Anda bisa menggunakan dribble untuk menyimpan portofolio Anda serta mendapatkan proyek di sana.

 

Renee Fleck membagikan tips sederhana bagaimana portofolio Anda terlihat di dribbble.

  • Ceritakan Kisah di balik pekerjaan Anda
  • Gunakan Tag yang relevan
  • Tambahkan lampiran untuk menunjukkan keluasan karya Anda
  • Gunakan Rebound. Rebound adalah cara yang bagus memberikan pujian dan penghormatan kepada pekerjaan yang menginspirasi Anda
  • Lengkapi profil Anda
  • Berinteraksi secara otentik dengan komunitas
  • Bagikan pekerjaan anda secara konsisten

 

4#. Upwork

upwork website


Upwork adalah sebuah platfom freelancer Amerika yang sebelumnya bernama Elance-oDesk. Didirikan pada tahun 1998 oleh alumni MIT, Beerud sheh dan veteran Wall Street Srini Anumolu di sebuah apartemen dua kamar tidur di Jersey City. Pada tahun 2015, perusahaan berubah nama menjadi Upwork Global Inc. Pada tahun 2017, Upwork memiliki lebih dari dua belas juta pekerja lepas dan tiga juta pekerjaan senilai lebih dari $1 miliar USD.

 

Upwork menerima pekerjaan freelancer berbagai bidang, seperti: desainer grafis, programmer, Copy Writer, Content Writer,  Data Analis, Arsitek, SEO, Video Editing, penerjemahan, dan masih banyak lagi.

 

“Salah satu tantangan terbesar Upwork adalah meyakinkan perusahaan untuk mengandalkan pekerja lepas jarak jauh”, hayden Brown, CEO Upwork.

 

Sean Cope memberikan tips cara mendapatkan banyak pekerjaan di Upwork

  • Hasilkan pekerjaan hebat
  • Anda harus terlibat aktif
  • Sempurnakan profil Anda
  • Fokus pada klien
  • Tingkatkan proposal Anda
  • Jadkan diri Anda nampak profesional
  • Cantumkan portofolio
  • Bangun hubungan dengan klien
  • Sabar dan pantang menyerah

 

5#. Freelancer

freelancer web


Freelancer adalah situs freelance marketplace Australia, di mana situs memunginkan pemberi kerja menawarkan pekerjaan lepas. Freelancer didirikan pada 2009 oleh Robert Matthew, seorang pengusaha teknologi Australia sekaligus asisten profesor University of Sydney di maan ia mengajar keamanan komputer dan jaringan.

 

Freelancer menyediakan berbagai pekerjaan diantaranya: Desain Grafis, Web Desainer, Moble Aps, Internet Marketing, Kepenulisan, Penerjemahan, Arsitek, video Editing, Desain Fasion, hingga konsultan bisnis dan hukum.

 

Freelancer.com adalah pasar freelancing dan crowdsourcing terbesar di dunia berdasarkan jumlah pengguna dan proyek. Kami menghubungkan lebih dari 57.565.865 pemberi kerja dan pekerja lepas secara global dari lebih dari 247 negara, wilayah, dan wilayah. Melalui pasar kami, pemberi kerja dapat mempekerjakan pekerja lepas untuk melakukan pekerjaan di berbagai bidang seperti pengembangan perangkat lunak, penulisan, entri data, dan desain hingga teknik, sains, penjualan dan pemasaran, akuntansi, dan layanan hukum.

 

Berikut tips untuk mendapatkan pekerjaan pertama di situs freelancer.com

  • Lengkapi profil Anda
  • Tambahkan detil backgrund pendidikan Anda
  • Tambahkan portofolio
  • Tambahkan Tagline
  • Tambahkan foto yang bagus
  • Tambahkan tarif perjam
  • Buat penawaran yang baik dan berkualitas

 

6#. Envato

envato web


Envato adalah sebuah platform penyedia pasar digital yang menjual pelbagai komponen kreatif, seprti desain grafs, desain web, foto, model 3D, sound cloud, dan produksi video. Perusahaan ini didirikan oleh Collis Ta’eed dan Jun Rung apada tahun 2006 di Sydney Australia. Envato memiliki lini bisnis, seperti: Envato Elements, Envato Market, Envato Tuts+, dan Placeit. Jika Anda mempunyai skill kreatif seperti membuat video, them web, soundcloud, Anda bisa memasarkan melalui Envato.

 

“Semua yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan proyek kreatif. Wujudkan ide Anda dengan aset, sumber daya Envato"

 

7#. Twine

twine web for freelancer


Twine adalah marketplace yang menghubungkan antara pekerja lepas kreatif di bidang musik, desain, dan film. Twine memungkinkan pekerja lepas kreatif untuk melakukan kolaborasi proyek kreatif, memungkinkan semua orang bekerja di dalamnya dan menerima pembayaran. Situs juga memiliki fitur portofolio yang tidak memiliki batas unggah file dan menghilangkan batasan umum yang hanya mengizinkan satu jenis media di sits dengan mendorong konten kreatif berkualtas apapun formatnya.

 

8#. Lottie

lottie web for animator


Lottie adalah web penyedia format file animasi berbasis JSON yang memungkinkan desainer mengirimkan animasi ada platform apa pun semudah mengirimkan aset statis. Lottie bersifat open-source dan gratis tersedia untuk web, iOS, Androidm Windows, QT, dan platform lainnya. Bagi para animator dapat berkontribusi di sana, termasuk di lottie marketpalce. Lottie sangat cocok bagi pekerja kreatif yang memiliki skill animator dan adobe After Effects.

 

9#. Creative Market

creative market web

Creative Market adalah marketplace online penyedia aset digital, seperti desain, grafis, wordpress theme, fotografi dan lain-lain. Creative Market memiliki pengguna lebih dari 1 juta dan lebih dari 250.000 item produk yang berhasil dibeli. Creative Market didirikan pada 2012 oleh Aaron Epstein, Chris Williams, dan Darius A Monsev di San Francisco, Califoria.


Creative Market di awal pendiriannya mendapatkan suntikan dana dari investor Silicon Vale termasuk 500 Startups, dan Y Combinator. Creative Market sangat cocok bagi freelancer dalam bidang desain, fotografi, dan desainer web.

 

10#. People per Hour

Peopleperhour web for freelancer

PeopleperHour adalah sebuah platform online yang memberikan akses pekerja lepas. Perusahaan didirikan oleh Xenos Thrasyvoulou dan Simos Kitiris. Perusahaan memiliki kantor di London, UK dan Athena, Yunani. Pekerjaan di mulai dari satu jam dan dapat ditingkatkan sesuai kebutuhan untuk membangun seluruh tim secara online. Pada bulan Agustus 2012, PeoplePerHour dinobatkan oleh majalah Wired sebagai salah satu dari 100 Startup Top eropa 2012”. Pekerjaan freelancer yang ditawarkan situs diantaranya dalam bidang desain, digital marketing, video grafi, sosial media, dan masih banyak lagi.

 

“We have built a network of trusted freelancers we can depended on when need something done”, Ana Rodriguez.

 

11#. Opensea

opensea web

Opensea adalah salah satu marketplace peer-to-peer yang dperuntukan untuk NFT (Non-Fungible Token). Platform ini dikembangkan oleh Devin Finzer dan Alex Atallah pada 2017. Platform inilah yang membuat Ghazali terkenal. Opensea meggunakan protokol Ethereum dengan standar ERC-721 dan ERC-115. NFT yang ditawarkan bervariasi, tapi yang paling populer adalah karya seni.

 

Devin Finzer sang pendiri adalah insinyur perangkat lunak alumni Brown University. Setelah lulus, Finzer pernah magang di wikipedia foundation dan google cloud. Kemudian sempat bekerja di pinterest. Opensea mendapat dukungan dari beberapa investor terkemuka seperti Y Combinator, Andreessen Horowitz, dan Coinbase. Salah satu faktor penting agar produk kita laku di opensea adalah unik dan memiliki nilai jual tinggi.

 

“Jika Anda mengira 2021 adalah tahun NFT, 2022 akan mengejutkan Anda”, Devin Finzer, CEO Opensea



12#. Sribu

sribu website

Sribu adalah online marketplace Indonesia yang menghubungkan klien yang membutuhkan asa desain grafis dengan komunitas desainer. Didirikan pada tahun 2011 oleh Ryan Gondokusumo dan Wenes Kusnadi. Awalnya situs melayani klien Indonesia, namun pada bulan Agustus 2021 sang pendiri mengumumkan bahwa platformnya akan mendunia. Situs ini sangat cocok bagi para pekerja kreatif, terutama yang memiliki skill desain grafis. Perusahaan juga mendirikan sribulancer. Mirip dengan sribu, sribulancer melayani jasa lebih luas. Tidak hanya desain grafis, tetapi jasa-jasa yang lain, semisal copywriter, translator , video grafi dan lain-lain.

 

13#. Guru

guru.com

Guru.com adalah marketplace freelancer yang memungkinkan perusahaan menemukan pekerja lepas dalam berbagai bidang. Guru inc didirikan pada tahun 1999 di San francisco. Banyak sekali pekerjaan yang diawarkan di guru.com, diantaranya adalah: android aps, iOS App Developers, desain Grafis, SEO Expert, Web Designer, user Interface Designer (UI), User Exerience Designer (UX), translator, Sosial Media Marketing, Copy Writer, Animator, Arsitek, video Editor, Illustrator, Email Marketing, dan masih banyak lagi.

 

14#. Udemy

udemy web

Anda mempunyai keahlian kreatif, seperti membuat logo, melukis, video editing, copywriting dan ingin membagikan pengetahuan serta skill tersebut kepada banyak orang? Situs Udemy adalah tempatnya. Udemy merupakan salah satu platform kursus online terbesar dunia yang didirikan Eren Bali pada tahun 2010. Saat ini Udemy memiliki lebih dari 46 juta siswa, 175 kursus, dan 60.000 instruktur yang mengaar kursus dalam lebih dari 75 bahasa.

 

15#. Fastwork id

fastwork website

Fastwork adalah situs freelancer yang memungkinkan semua orang menjual keahlian serta mendapatkan sebuah pekerjaaan lepas.  Didirikan di Thailand pada tahun 2015 kemudian masuk di Indonesia pada 2018. Perusahaan mengklaim memiliki 100 ribu pengguna dan 10 ribu pekerja lepas profesional. Fastwork memperkerjakan pekerjaan lepas dari berbagai bidang, seperti desain, kepenulisan, pembuatan video, website, hingga gaya hidup.

 

16#. Freepik

freeepik web

Freepik adalah microstock populer yang menawarkan ribuan stock desain dan foto secara free dan premium. Platform tersebut memungkinkan setiap orang mengunduh berbagai macam ilustrasi, desain grafis berkualitas tinggi, foto dan desain PSD. Anda bisa menjadi creator dengan berkontribusi mengirimkan karya sebanyak-banyakanya di freepik serta mendapatkan penghasilan.

 

Freepik didirikan pada tahun 2010 oleh Alejandro dan Pablo Blanes, bersama dengan Joaquin Cuenca, founder Panoramio. Freepikpun berkembang dengan mengakuisisi flaticon, serta membuat proyek baru: tutpad dan slidesgo.

 

17#. Shutterstock

Shutterstock

Shutterstock adalah microstock yang menyediakan segala macam kebutuhan gambar vector. Anda bisa berkontribusi di sana dengan mengirimkan gambar dalam format vector eps8 atau eps10 dengan ukuran minimum 2000x2000 pixel atau lebih. Microstock ini sangat cocok bagi pekerja epas yang mempunyai skil desain grafis atau fotografi. Situs didirikan oleh seorang programmer dan fotografer, Jon Oringer pada tahun 2003. Selain Shutterstock, Anda juga bisa berkontribusi di Getty Image dan Adobe Stock

 

18#. Projects.co.id

Projects co id

Projects.co.id adalah situs marketplace tenaga lepas, jasa dan produk digital yang mempertemukan pihak pencari jasa dengan para tenaga lepas. Freelancer marketpalce Indonesia ini didirikan pada bulan November 2014 oleh Priyatna.

 

19#. Toptal

https://www.toptal.com/

Toptal adalah perusahaan jarak jauh global yang menyediakan platform lepas, menghubungkan bisnis antara insinyur perangkat lunak, desainer, praktisi keuangan, manajer produk, dan manajer proyek. Didirikan oleh Taso Du Val dan Beneschott pada tahun 2010. Du Val adalah seorang insinyur fotolog dan Slide.com, sementara Beneschott seorang sarjana rincenton university. Toptal mendapat dukungan dari angel investor, seperti Andreessen Horowitz dan pendiri Quora, Adam D Angelo.

 

20#. Fiverr

fiverr website for freelancer


Fiverr adalah freelance marketplace serta online outsourcing Israel. Didirikan pada bulan Februari 2010 oleh Micha Kaufman dan Shai Wininger. Dua tahun setelah dirilis, Fiverr mempunyai pengguna berjumlah 1,3 juta. Pada tahun 2013, fiverr merilis aplikasi iOS di Apple store, dan pada 2014 menerbitkan aplikasi berbasis Android.

 

21#. Indeed

indeed web

Indeed adalah situs lowongan kerja dan freelancer terbesar di dunia dengan lebih dari 250 juta pengunjung unik setiap bulannya. Indeed berkomitmen untuk mengutamakan para pencari kerja, memberi mereka akses gratis untuk mencari pekerjaan, membuat CV, dan mencari tahu informasi tentang sebuah perusahaan. Setiap hari, situs menghubungkan jutaan orang dengan peluang-peluang baru. Indeed diluncurkan pertama kali bulan November 2004 oleh Paul Forster dan Rony Kahan di Austin, Texas.

 

22#. Writeraccess

writeraccess website for writer

Writesaccess adalah situs freelancer bagi penulis lepas. Anda yang mempunyai hobi menulis bisa memanfaatkan situs ini. Namun jika Anda bisa menggunakan bahasa Inggris menjadi nilai tambah

 

23#. Proz

proz website

Proz adalah situs web berbasis keanggotaan yang memberikan layanan penerjemah lepas. Didirikan pada tahun 1999. Bulan Oktober 2018, Proz melaporkan memiliki 960.000 pengguna, menjangkau lebih dari 200 negara dan wilayah seluruh dunia. Situs ini tersedia lebih dari 45 bahasa. Proz sangat cocok bagi pekerja lepas translator

 

Kesimpulan


Di era disruption, pekerjaan lepas atau freelance menjadi trend. Apalagi semenjak pandemi melandan hampir di seluruh dunia, worke remote  turut terdongkrak. Jika dahulu para pencari pekerja berbondong-bondong antri untuk melamar pekerjaan, maka saat ini Anda tidak perlu harus antri panjang. Anda bisa mendapatkan pekerjaan serta mengerjakannya di rumah. Kunci dari pekerjaan serta proyek lepas adalah, kreativitas, kuasai bahasa asing terutama bahasa Inggris, kemudian ditopang dengan ketekunan, profesionalitas, serta kesabaran. Demikian paparan 23 Website Terbaik untuk Desainer, Pekerja Kreatif, dan Freelancer semoga bermanfaat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done