12 Pembaharuan dari Google Workspace - Teras Academy
News Update
Loading...

5/28/2021

12 Pembaharuan dari Google Workspace


Pembaharuan Google Workspace


Google Workspace, sebelumnya kita kenal dengan G Suite, merupakan kumpulan perangkat lunak, komputasi awan untuk produktivitas dan kolaborasi yang di kembangkan oleh Google.


Diluncurkan pertama kali pada tahun 2006 sebagai Google Apps for Your Domain kemudian berganti nama menjadi G Suite pada tahun 2016, dan Google Workspace di tahun 2020. Google Workspace terdiri dari Gmail, Kontak, Drive, kalender, Meet, Chat dan sebagainya. 


Erika Trautman, Direktur Google Workspace telah merilis beberapa pembaharuan dari Google Workspace. Pembaharuan ini dibuat untuk meningkatkan kolaborasi dan menjadikan Google Workspace lebih fleksibel, interaktif, dan cerdas.


Berikut 12 Pembaharuan Google Workspace


#1. @-Menyebutkan Orang, File, dan Rapat

Saat ini sudah tersedia mentioned, ketika Anda mengetik @-menyebut seseorang di dokumen, kemudian sistem akan bekerja menampilkan informasi tambahan seperti lokasi orang tersbeut, jabatan dan informasi kontak. Untuk bisa melakukan hal tersebut, Anda cukup mengetikan @ untuk melihat daftar orang, file, dan rapat yang direkomendasikan.




#2.Dokumen Tanpa Halaman

Google Workspace akan menghadirkan pageless baru. Pengguna dapat menghapus batasan halaman untuk membuat permukaan yang meluas di pernagkat atau layar, sehingga membuatnya lebih mudah ketika bekerja dengan tabel lebar, gambar besar dan umpan balik.




#3. Reaksi Emoji

Google Workspace akan memberikan fasilitas emoji yang membuat pengguna bisa menambahkan emoji dalam tulisan mereka.


#4. Rekomendasi bahasa inklusif dan fitur alat bantu penulisan lainnya

Fitur menulis terbantu akan menawarkan rekomendasi bahasa yang lebih inklusif, seperti menggunakan kata “ketua” termasuk juga saran gaya lainnya, seperti menghindari kalimat pasif.  


#5. Template catatan rapat yang lebih cerdas

Di Docs akan tersedia tempalte dokumen baru secara otomatis yang bisa mengimpor informasi yang relevan dari undangan rapat kalender, termasuk smart chip untuk peserta dan file lampiran.


6#. Daftar periksa yang terhubung di dokumen

Dokumen akan tersedia daftar periksa. Pengguna bisa menetapkan item daftar periksa ke orang lain dan melihat item tindakan di google tasks, mempermudah semua orang dalam mengelola daftar tugas proyek.


7#.Template tabel di Dokumen

Google Workspace akan memperkenalkan template tabel di dokumen. Template tersebut akan memungkinkan pengguna dalam mengumpulkan umpan balik dan membantu menangkap pencapaikan dan status dengan cepat.


8#. Menggunakan Meet dari Dokumen, Sheet atau Slide

Pengguna dapat mempresentasikan konten Anda ke panggilan Google Meet di web langsing dari dokumen, spreadsheet, atau slide. Kolaborasi ini dapat membantu pengguna dalam sebuah proyek, bekerja sama dengan tim dan menetapkan fokus.



9#. Teks dan Terjemahan Langsung di Google

Google Workspace menawarkan teks langsung dalam lima bahasa, dan kedepan akan diperbanyak. Untuk sementara bahasa yang tersedia adalah bahasa Inggris, Spanyol, Portugis, Prancis, dan Jerman.


10#. Tampilan garis waktu di Spreadsheet

Spreadsheet meluncurkan fasilitas tampilan waktu yang membuat tampilan data pengguna menjadi lebih baik. Penggunaan garis waktu yang dinamis dan interaktif memperkuat kemampuan pengguna dalam mengelola kampanye pemasaran, penyampaian proyek, jadwal, dan kolaboras antar tim.



#11. Fungsionalitas analisis

Google Workspace menambahkan fungsi analisis terpandu dalam bentuk pemberian saran rumus yang memudahkan semua orang dalam mendapatkan wawasan data. Spreadsheet membantu penggua membuat dan memecahkan masalah rumus dan membuat analisis data lebih cepat.



#12. Membuat dan edit Spreadsheet, Dokumen, dan Slide dari Ruang Google Chat

Pengguna saat ini dapat membuat serta dit spreadsheet, dokumen di aplikasi Google Chat. Termasuk juga Google Slide ke depannya.


Kesimpulan

Beberapa pembaharuan dari produk Google Workspace akan memperkaya aplikasi di dalamnya serta semakin mempermudah pengguna dalam menggunakan produk Google sehingga pengguna dapat bekerja lebih cepat dan efisien.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done