Mengapa Anda Harus Memahami Teori Kebutuhan Abraham Maslow - Teras Academy
News Update
Loading...

6/04/2022

Mengapa Anda Harus Memahami Teori Kebutuhan Abraham Maslow

 

Sumber: rawpixel,freeepik

Salah satu karya terbesar psikolog tenar kelahiran Brooklyn, New York Abraham Maslow adalah tentang teori “Hierarchy of Needs”, atau teori kebutuhan manusia.

 

Abraham Maslow merupakan seorang psikolog Amerika Serikat kelahiran 1908. Maslow memperoleh gelar psikologi dari Universitas Wisconsin, kemudian mendalami riset di Universitas Columbia. Di sana bertemu dan belajar  dengan psikolog kenamaan, seperti Alfred Adler, serta salah satu teman awal psikolog Sigmund Freud.

 

Jika Anda berencana untuk menjadi sesuatu yang kurang dari kemampuan Anda, Anda mungkin akan tidak bahagia sepanjang hari dalam hidup Anda.” –Abraham Maslow

 

Psikologi Humanistik Abraham Maslow

 

Abraham Maslow diakui sebagai pembangun awal psikologi humanistik –yang kemudian melahirkan beberapa terapi yang berbeda serta terapi berpusat pada klien yang dkembangkan oleh Carl Rogers.

 

Psikologi humanistik merupakan perspektif psikologi yang muncul pada abad ke-20 sebagai jawaban atas dua teori: psikoanalitik Sigmund Freud dan Behaviorisme BF Skinner. Dalam pandangan Maslow, psikologi humanistik sebagai kekuatan ketiga dalam psikologi.

 

Psikologi Humanistik membantu klien memperoleh keyakinan bahwa semua orang pada dasarnya baik. Ini mengadopsi pendekatan holistik terhadap keberadaan manusia dan meberikan perhatian khusus terhadap kereativias, kehendak bebas dan potensi manusia yang positif.

 

Prinsip-prinsip dasar psikologi Humanistik:

 

Fungsi seseorang saat ini adalah aspek mereka yang paling berpengaruh.

Untuk menjaid sehat mental, individu harus megambil tanggung jawab pribadi atas tindakan mereka, terlepas apakah tindakan itu positif atau negatif.

 

Setiap orang, hanya menjadi/inheren layak –meskipun tindakan yang telah diperbuat mungkin negatif serta tindakan tersebut tidak menghilangkan nilai seseorang.

 

Tujuan akkhir hidup adalah mencapai pertumbuhan dan pemahaman pribadi. Hanya melalui perbaika diri dan konstan, seseorang dapat benar-benar bahagia.

 

Hirarki Kebutuhan Manusia Abaraham Maslow

 

Teori Kebutuhan Maslow

Psikologi Humanistik mengilhami Maslow mencitakan gagasan tentang hirarki kebutuhan manusia.

 

Maslow menggunakan bentuk piramida untuk memvisualisasikan hierarki kebutuhan manusia. Menurutnya, manusia selalu termotivasi untuk memenuhi kebutuhannya mulai dari terendah; mulai dari kebutuhan fisiologis, akan rasa aman, kebutuhan untuk dicintai, kebutuhan untuk dihargai dan aktualisasi diri.

 

Pertama, kebutuhan fisiologis

 

Kebutuhan fisiologis bisa disebut juga dengan kebutuhan dasar (basic needs). Kebutuhan ini diantaranya yang paling melekat: udara, makanan, dan materi. Setiap manusia pasti membutuhkan kebutuhan mendasar ini.

 

Kedua, kebutuhan akan rasa aman

 

Naluri manusia mempunyai rasa takut. Untuk melindungi agar ketakutan tidak selalu muncul atau hadir, maka manusia mencari sebuah perlindungan atau keamanan. Inilah yang disebut dengan kebutuhan rasa aman.

 

Ketiga, kebutuhan untuk dicintai

 

Setelah basic needs dan savety needs terpenuhi, manusia mencari kebutuhan yang lain, yakni dicintai atau disayangi oleh orang-orang disekelilingnya (keluarga, teman dan atasan). Kebutuhan di atas biasanya terjalin melalui sebuah komunikasi yang baik, baik melalui pertemanan maupun interaksi sosial yang lain.

 

Keempat, kebutuhan untuk dihargai

 

Esteem needs atau harga diri salah satu diantara beberapa kebutuhan manusia yang selalu ingin terpenuhi manakala kebutuhan-kebutuhan yang lain sudah terpenuhi. Esteem needs menyangkut kekuatan, kompetensi, percaya diri, kemandirian, penghargaan dari orang lain, dan status sosial. Puncak dari semuanya, modal untuk mewujudkan self actualization.

 

Kelima, aktualisasi diri

 

Jika manusia memiliki esteem needs tinggi, ditopang dengan kemandirian, percaya diri, mempunyai kompetensi, dan keinginan yang kuat untuk berkembang, pada akhirnya ia akan melakukan aktualisasi diri.

 

Manfaat Hirarki Kebutuhan Manusia

 

teori Paparan diatas merupakan gambaran kebutuhan ala Abraham Maslow.

 

Teori Hirarki kebutuhan mausia dapat dimplementasikan serta memberikan manfaat bagi penggunanaya. Misalnya dengan memahami teori ini, seorang guru akan dapat dengan mudah membuat profil atau asesmen siswanya serta melakukan pendekatan kepada mereka.

 

Bagi seorang pemimpin dalam sebuah organisasi, dapat memenuhi serta meningkatkan kompensasi bawahannya. Beberapa riset manajemen menunjukkan bahwa karyawan yang kebuthan hidupnya terpenuhi memiliki kinerja lebih baik atau optimal.

 

Seorang Designer, Product Manager, atau peneliti UX  (Pengguna Human Centered Design atau Design Thinking) dapat mempertimbangkan kebutuhan fisiologis (Hirarki Maslow) sebagai pertimbangan dalam membuat keptusan desain.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done